Sabtu, 08 Agustus 2015

Shigatsu Wa Kimi no Uso (Kebohonganmu di Bulan April)

Assalamu'alaikum,
Halo halo, balik lagi dengan aku yang mau ngomongin tentang anime lagi. Iya, mungkin lagi marok-marok nya aku nulis tentang anime. Salahin sepupu aku yang ngasih list anime baru (yang belum aku tonton sih tepatnya). 

Oke lah sesuai judul, kali ini aku mau bahas anime yang judulnya Shigatsi wa Kimi No Uso atau bahasa Indonesia-nya Kebohonganmu di Bulan April.

Shigatsu wa Kimi no Uso

Iya, sesuai gambar. Ini anime yang menceritakan tentang pianis (pemain piano) dan violin (pemain biola). Untuk genre-nya sendiri merujuk ke myanimelist itu Drama, Musical, Romance, School, Shounen. Anime seri yang terdiri dari 22 episode dan dipublish tanggal 10 oktober 2014 tahun lalu ini banyak mendapat pujian. Untuk anime yang termasuk baru, juga dapet ranking dan nilai yang lumayan tinggi di myanimelist. Jadi bisa dibilang ya termasuk wajib tonton bagi yang pecinta anime.

Oke, masuk ke review seadanya dari aku ya. Pertama-tama aku pengen jelasin kalau di anime ini ada 4 karakter utama, Arima Kousei, Miyazono Kaori, Sawabe Tsubaki, Watari Ryouta. Dan mereka semua merupakan murid di SMP yang sama. Jadi ini cerita tentang kehidupan sekolah juga.

Kiri-kanan: Sawabe Tsubaki, Arima Kousei, Miyazono Kaori dan Watari Ryouta.

Awal nonton sih udah dikasih tau sama sepupu aku kalau ini anime sedih. Jadi gitu nonton udah siap-siap sih, walaupun diawal episode masih terasa lucunya. Shigatsu wa Kimi no Uso bercerita tentang pianis yang bernama Arima Kousei yang udah 2 tahun berhenti bermain piano dikarenakan terauma berat yang menyebabkan dia gak bisa lagi dengerin permainan pianonya sendiri. Teraumanya Arima berhubungan dengan kematian Ibu nya. Lantas kenapa judulnya Kebohonganmu di Bulan April? Kan gak ada unsur musiknya dikitpun ya? Nah itu bakal terjawab di episode terakhirnya. Di situ juga sesuatu yang buat kaget di anime ini, walaupun kalau temen-temen nonton dari awal udah bisa nebak-nebak dikit sih gimana nanti endingnya.

Ini kok udah ngomongin ending aja ya, baru juga mulai. Hehehe. Arima Kousei yang udah gak bisa denger permainan pianonya sendiri secara kebetulan yang disengaja berjumpa dengan Miyazono Kaori disebuah taman bermain. Miyazono Kaori diawal episode minta dikenalin sama Watari Ryouta melalui Sawabe Tsubaki. Nah, Arima Kousei awalnya diajak Sawabe sebagai pendukung hubungan Watari dan Miyazono.


Pertemuan pertama Arima dan Kaori


Miyazono Kaori

Miyazono Kaori yang ternyata adalah seorang pemain biola, disinilah alur ceritanya dimulai. Kaori yang ternyata tau kalau Arima adalah seorang pianis yang udah kehilangan selera bermusiknya karena trauma perlahan mengajak kembali Arima untuk berjuang lagi dan bermain piano lagi. Plot cerita yang dikemas bagus menurut aku, dan gak ada yang tertutupi aku rasa, selain episode akhir aja (bersangkutan dengan judulnya). Kalau endingnya, dari awal konser Arima dan Kaori udah ditunjukin Kaori pingsan sehabis konsernya. Di situ temen-temen pasti udah bisa nebak endingnya bakal ngarah kemana. 

Nah, disini juga dibumbui sama romansa remajanya. Dimana Arima sadar kalau dia jatuh cinta dengan Kaori namun masih nutupin perasaannya karena yang dia tahu, Kaori dan Watari saling suka. Dan Sawabe yang merupakan teman dari kecil Arima dan juga tetangga sebelah rumah ternyata memendam perasaan cinta dengan Arima, tapi Sawabe gak mau mengakuinya. Banyak cinta yang tertutup disini, termasuk cintanya Kaori yang sebenarnya kesiapa. Tapi di episode-episode terakhir semua dibuka, semua udah saling sadar dan saling jujur, cinta mereka ke siapa. Cinta segitiga atau segiempat nya dapet.

Intinya di anime ini ceritanya berkutat tentang itu. Cinta dan perjuangan Arima untuk kembali bermain piano. Jadi sedihnya apa? Sedihnya, ditutup dengan Arima yang "kehilangan" Kaori karena ternyata Kaori mengidap penyakit yang ngebuat dia gak punya umur yang panjang. Penyakitnya ini sih yang aku gak tau apa, gak ada djelasin di animenya. Sedihnya lagi ternyata alasan Kaori bermain biola adalah Arima, alasan dia berjuang juga Arima, dan alasan dia berbohong tentang suka dengan Watari juga Arima. Inilah kenapa judulnya Kebohonganmu di Bulan April. Itu terungkap saat Kaori udah "pergi". Kaori udah jadi penggemar Arima Kousei sejak kecil, sejak dia anak-anak.

Foto milik Kaori yang ada Arima

Ah, jadi sedih lagi kalau inget kisahnya Kaori. Apalagi kalau tahu alasan Kaori bermain biola, karena Kaori sebenarnya sewaktu kecil adalah seorang pianis sama seperti Arima. Intinya semua bakal dijelasin di animenya kecuali sakitnya si Kaori, jadi untuk jelasnya bisa temen-temen nonton animenya. Dijamin sedihnya dapet.

Oke, pesan dan kesan dari aku, ini anime banyak unsur musiknya, jujur sih aku juga gak gitu ngerti sama istilah-istilah musik yang dipakai di anime ini. Tapi bagi penggemar musik klasik mungkin bakal dapet banget feelnya. Karena hampir di setiap episode, kita disuguhin musik-musik klasik. Musik dari piano dan biola. Untuk aku sih, gak begitu suka musik klasik gitu, musik piano gitu. Jadi mungkin kalau ceritanya dikemas bukan dengan musik atau dikemas dengan tema yang lebih umum sih sedihnya makin-makin kali ya. Dan untuk aku sih, tempo ceritanya agak lambat. Mungkin karena gak begitu bisa nikmatin musiknya kali ya, jadi dibeberapa episode ngucap dalam hati "cepatlah ini scene nya", "aduh lamanya, iya udah ngerti", gitu. Gak tau deh apa yang salah. Tapi plotnya dan ceritanya tetap bagus, bukan berarti aku gak suka.


Untuk sedihnya sih, sedih tapi menurut aku masih lebih berkesan sedihnya Angel Beats. Gak tau deh, tapi sewaktu habis nonton Angel Beats, sedihnya kebawa sampai 3 harian masih kerasa aura sedihnya (gak maksud lebay). Kalau Shigatsu wa Kimi no Uso habis nonton, gak lama udah jadi cerita sedih biasa gitu sih untuk aku. Untuk cerita aku suka dengan Shigatsu wa Kimi no Uso ini, walaupun ceritanya agak lambat jalannya.

Okelah, segitu dulu ocehan aku tentang Shigatsu wa Kimi no Uso (Kebohongamu di Bulan April). Intinya sih ini wajib tonton, gak salah rating dan nilainya tinggi. Di beberapa forum juga banyak yang bilang bagus. Manteblah pokoknya, tonton gih :)

O iya, kalau mau liat ocehan aku tentang Angel Beats! bisa ke sini. Sampai jumpa di postingan berikutnya sobat :)

0 komentar:

Posting Komentar

Statistik Blog

free counters